Windows 10 bisa diinstal di Netbook? baca dulu ini

Posted by BLOG DOLAN JOGJA (baca: MAEN DI JOGJA)

Anda ingin menginstal Windows 10 pada netbook jadul (atau tablet Windows murah) dengan layar 1024 x 600 pixel? Tidak masalah.

Meskipun Anda dapat menjalankan Windows 8.1 pada perangkat dengan layar resolusi rendah, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan jika Anda mencoba membuka Windows Store untuk memasang Metro / aplikasi modern.
Itu juga berlaku dengan preview teknis pertama Windows 10. Tapi sepertinya salah satu perubahan termasuk pada preview kedua (versi 9860) terdapat dukungan untuk perangkat dengan resolusi layar 1024 x 600 pixel.

epc_01

Setelah membaca tentang perubahan akhir pekan ini, saya memutuskan untuk menginstal Windows 10 versi preview pada saya Asus Eee PC 1000H.
Ini adalah netbook yang dirilis pada tahun 2008. Sebagai Informasi netbook tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut :
 prosesor Intel Atom N270 1,6 GHz single-core 1GB RAM, dan hard drive 80GB. Laptop kecil memiliki 10,1 inci, layar 1024 x 600 pixel dan awalnya dikirim dengan Windows XP.

Benar saja, ketika saya menginstal Windows 10 preview pertama dan mencoba membuka Windows Store atau aplikasi modern lainnya seperti cuaca dan Berita aplikasi saya mendapat pesan kesalahan mengatakan bahwa saya membutuhkan resolusi layar 1024 x 768 atau lebih tinggi untuk menggunakan aplikasi ini .

Setelah itu saya mencoba membuka Pengaturan PC, dan melakukan update untuk mendapatkan versi windows 10 yang terbaru dan melakukan download. Setelah download selesai laptop akan melakukan instal dan setelah komputer saya reboot saya bisa membuka Windows apps Store.

Windows 10 tidak begitu terlalu cepat pada netbook tua milik saya ini T_T, tapi juga tidak bisa dikatakan lambat jika dibandingkan dengan OS lain. mungkin itu dikarenakan Netbook saya hanya memiliki prosesor yang relatif lambat, 1GB DDR2 memori 667MHz, dan 5400 RPM hard drive.

epc_06

Berita baiknya tentu saja dapat kita ketahui bahwa Microsoft meningkatkan dukungan untuk perangkat keras lama dengan resolusi layar yang minim dan memastikan bahwa perangkat yang lebih baru seperti Toshiba Encore Mini PC tidak perlu melakukan edit registry untuk mengubah resolusi netbook menjadi tinggi hanya untuk menjalankan aplikasi Windows.
Anda dapat men-download dan menguji Microsoft Windows 10 Technical Preview secara gratis. Versi final dari sistem operasi windows 10 ini sudah rilis resmi kemarin tanggal 29 Juli 2015.

image

Related Post



Wong Unik mengatakan...

Terima kasih infonya gan..jadi tambah masukan penting nh

Posting Komentar