Sisi Lain Tukang Nasi Goreng Keliling Yang Jarang Diketahui

Posted by BLOG DOLAN JOGJA (baca: MAEN DI JOGJA)

Agan pernah makan nasi goreng? Pasti pernah dong. Kalo nasi goreng keliling di kompleks rumah agan, pernah nggak gan? Kalo belum pernah, coba sekali-kali agan beli sama mereka gan! Pasti ada sisi lain dari mereka yang bakal bikin agan tercengang.
Quote:
Penghasilan Bisa Melebihi Gaji Fresh Graduate



Agan pernah nanya penghasilan tukang nasi goreng keliling nggak? Rata-rata dia jual sehari berapa? Ane pernah nanya gan, beberapa tukang nasi goreng bisa jual 50-100 piring per hari. Kalo harga nasi goreng rata-rata sekarang 7 ribu, mereka biasanya ambil untung 2000 – 3500. Coba kalikan per hari? Mereka minimal bisa dapet 100 ribu – 200 ribu. Sebulan? Bisa 3 juta – 6 juta rupiah gan!
Bandingkan sama gaji fresh graduate di beberapa kota besar di Indonesia. Kayaknya hampir sama. Bahkan bisa jadi gaji fresh graduate bisa lebih rendah dari gaji tukang nasi goreng keliling gan.



Quote:
Bumbu Sederhana, Rasa Nggak Kalah Kayak Restoran Bintang Lima



Agan pernah liat bumbu tukang nasi goreng? Standarnya yang keliatan nggak jauh-jauh dari cabai merah, terasi, kecap manis, bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula pasir, garam.
Walau nggak di-franchise-kan, kebanyakan tukang nasi goreng punya standar bumbu yang sama gan. Eits! Walau bumbu sederhana, masakan nasi goreng mereka juga berani diadu sama nasi goreng restoran bintang lima gan!
Yang bikin beda apa? Pasti tempatnya lah! Mungkin itu yang bikin harga nasi goreng kaki lima Cuma 7 ribu, sementara kalo dimakan di restoran bintang lima bisa nyampe 70 ribu.

Oh, satu lagi gan! Bumbu andalan mereka:



Lada!


Quote:
Costumized Fast Food



Kalo ngomongin fast food, agan pasti yang kebayang makanan-makanan yang banyak di mall-mall. Kalo menurut ane, tukang nasi goreng juga termasuk fast food gan. Bikinnya nggak nyampe 30 menit. Padahal kalo kita bikin nasi goreng di rumah bisa nyampe sejam.
Nggak Cuma itu gan! Kalo fast food kebanyakan, pasti udah terstandarisasi menunya. Nah, kalo agan beli nasi goreng keliling, agan boleh request, cabenya dibanyakin, nggak pake sosis, nggak pake sayur. Bla bla bla. Kalo di restoran, belum tentu agan bisa request yang aneh-aneh.



Quote:
Higenis Nggak Sih?



Nah, ini yang jadi pertanyaan umum pas mau makan nasi goreng di pinggir jalan. Urusan higenitas pasti jadi hal yang diragukan. Tapi, beberapa kali ane makan nasi goreng, ane tanya sama si abang yang jualan, mereka juga punya standar higenitas. Misalnya, piring yang dicuci, bahan dasar yang dipastikan bersih dari kuman, dan tempat makan yang jauh dari kata jorok.
Ya bayangin aja, kalo misalnya nggak higenis, pasti si tukang nasi goreng juga bakal dijauhi pelanggan dong. Belum lagi urusan perut, coba cari di berita, berapa banyak orang indonesia yang tiba-tiba keracunan setelah makan nasi goreng keliling. Mungkin jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding orang yang merasa sehat-sehat aja pas makan nasi goreng keliling.



Quote:
Tukang Nasi Goreng Itu Intel!



Pernah, ane bercanda sama temen ane soal tukang nasi goreng di kompleks rumah:
“Jangan-jangan tukang nasi goreng itu intel bro! Doi tau gosip pejabat A sampe artis Z!”
Coba agan sekali-kali kalo beli nasi goreng keliling, ajak ngobrol abangnya. Kalo agan beruntung, agan dapet informasi penting. Entah seputar gosip kompleks rumah, pembantu rumah A pacaran sama sopir rumah X, atau urusan kestabilan nasional gan! Jadi jangan salah, beberapa tukang nasi goreng itu emang sering menyerap ilmu dari obrolan-obrolan konsumennya yang pas lagi beli nasi goreng. Mungkin kalo pemerintah baca tulisan ane ini, mungkin mereka bakal punya program baru:
“Program Intelisasi Tukang Nasi Goreng Nasional (PITuNG Nas!)”  yang ini ane bercanda lho gan!

Related Post



Posting Komentar