Tipe-Tipe Orang yang Berhubungan dengan Batu Akik

Posted by BLOG DOLAN JOGJA (baca: MAEN DI JOGJA)


1. Hobby

Seorang penghobby batu akik pasti paham seluk beluk batu akik, mulai dari jenis batu hingga mengetahui asli atau tidaknya batu tersebut. Seorang penghobby batu akik juga pasti memiliki banyak koleksi, serta memiliki alat yang lengkap untuk mengetes jenis dan keaslian batu. Sepatutnya seorang penghobby sudah terjun sejak lama, dalam arti bukan karena batu akik mulai diminiati masyarakat ramai baru memulai hobby (kecuali baru menemukan hobby baru), namun kata hobby sering digunakan sebagai alibi agar ga malu dibilang hanya mengikuti trend padahal nyata adanya bahwa memang mengikuti trend.
Quote:



Spoiler for 2. Mengikuti Trend
Quote:
2. Mengikuti Trend

Tipe ini menjamur mulai dari anak SD hingga dewasa (aki2 ga ngikutin trend tapi memang sudah membudaya).
Quote:
Tipe ini hanya sekedar orang yang gaya2an dan supaya tampil kekinian, dia akan menonjolkan bahwa dia ga ketinggalan jaman, tipe ini ga banyak tau mengenai jenis batu dan keaslian batu karena hanya mengikuti trend, asli atau ga asli yang penting pake cincin batu akik
Quote:


Spoiler for Tuntutan Kerjaan
Quote:
3. Tuntutan Kerjaan

Tipe ini hanya memenuhi tuntutan kerjaan, ya walaupun didalam satu instansi Pemerintahan terdiri dari penghobby, ikut trend, dapet dari turunan hingga seller batu akik, namun tetap disebut tipe mengikuti tuntutan kerjaan karena mengikuti aturan yang ada (PerBup SumSel untuk meningkatkan Potensi Lokal berupa batu akik khas SumSel. Quote:


Spoiler for 4. Seller Batu Akik
Quote:
4. Seller Batu Akik

Tipe ini memiliki hubungan erat dengan tukang asah batu akik, tipe ini paling sering muncul di sosmed maupun situs jual beli untuk mengiklankan dagangannya, alat yang digunakan juga lumayan lengkap untuk mengetes jika ad orang yang jual kemudian untuk dijual kembali dengan harga tinggi. Seringnya tipe ini menggunakan cincin batu akik selalu bergonta ganti sebagai penarik buyer untuk membeli batu akiknya.
Quote:


Spoiler for 5. Tukang Asah Batu Akik
Quote:
5. Tukang Asah Batu Akik

Tipe ini pasti menggunakan cincin batu akik untuk menunjukkan contoh hasil asahannya, jika bagus maka pengguna jasa ini akan percaya dan langsung menggunakan jasanya, tipe ini memang mempunyai hubungan erat dengan seller batu akik bahkan tipe ini terkadang sekaligus menjadi seller batu akik.
Quote:


Spoiler for 6. Turunan
Quote:
6. Turunan

Tipe ini bisa dikatakan koleksi bisa juga tidak, karena tergantung pemberian dari orang tua, jika banyak bisa dikatakan sebagai pengkoleksi batu akik, jika hanya 1 atau 2 makan tipe ini hanya menggunakan sebatas melestarikan turunan dari orang tua dan jauh dari kata mengikuti trend.
Quote:


Spoiler for 7. Memanfaatkan Moment
Quote:
7. Memanfaatkan Moment

Tipe ini hanya orang iseng atau memang seorang penipu, tipe ini banyak berkeliaran di situs jual beli dan pernah ada kasus, saking tingginya minat batu akik di tanah air seorang warga medan menjual permen fox seharga Rp. 300.000,- dengan mengelabui buyer bahwa itu adalah batu akik.
Quote:

Related Post



Posting Komentar