Cara Mencegah ngantuk tanpa kopi buat yang suka begadang

Posted by BLOG DOLAN JOGJA (baca: MAEN DI JOGJA)

Kali ini posting dulu tentang tips yang berguna bagi sobat yang ingin mengusir rasa kantuk dengan cara yang praktis. Jika biasanya kita menggunakan media minuman berupa kopi, kali ini ada cara lain yaitu menggunakan cahaya lampu berwarna biru.

images?q=tbn:ANd9GcQw97lF0aFdIZ2NIoVdYh6

Bukan hal asing lagi jika selama ini kopi adalah andalan utama dari kebanyakan orang, yang tentunya juga membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi sering buang-buang air kecil. Tetapi beda jika kita menggunakan sarana penangkal kantuk dengan cahaya lampu biru.

Menurut penelitian yang di publikasikan pada jurnal PloS ONE ini menjelaskan bahwa cahaya dari lampu yang berwarna biru dapat meningkatkan kewaspadaan mata dengan cara merangsang sel-sel ganglion retina. Sel-sel ganglion retina tersebut tersambung dengan syaraf-syaraf kesadaran. Sehingga dengan rangsangan ini dapat meningkatkan sekresi atau pelepasan melatonin yakni hormon yang dapat membuat orang bisa terjaga.

Eksperimen telah diuji pada 48 pengendara yang menempuh jarak 400 km. Dan terbukti. Dengan perbandingan pelanggaran marka jalan 15x pada pengemudi yang terpapar cahaya lampu biru, 13x pada pengguna kopi, dan 26x pada pengemudi yang tidak menggunakan keduanya.

Oke, SEMOGA BERMANFAAT SOB

Related Post



Posting Komentar